Header Ads

Cerita dari Relawan: MCK untuk Nek Hadsi


GARUT – Sanitasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Hal inilah yang pertama terlintas di benak tim Relawan GerakBareng yang kala itu berkunjung ke Cisompet, Garut, Jawa Barat untuk mendistribusikan bantuan sembako bagi para lansia di sana.

Tim relawan mendapati Nenek Hadsi (80), dengan kondisi buta tengah buang air kecil di depan rumahnya karena ketiadaan Mandi Cuci Kakus (MCK). Bukan hanya rumah Nek Hadsi, namun, rumah di sebelahnya yang merupakan milik Nek Erni kondisinya pun tak jauh berbeda.

Menurut cerita warga sekitar, sehari-hari Nek Hadsi dibantu oleh tetangga untuk mandi dan membersihkan diri di masjid terdekat, yang jaraknya cukup jauh dari tempatnya tinggal. Begitu juga dengan kebutuhan makan dan minum yang bergantung pada bantuan tetangga

Untuk membantu Nek Hadsi dan Nek Erni, para tetangga berinisiatif untuk membangun sebuah water closed (WC) di antara rumah kedua nenek tersebut agar dapat mempermudah kebutuhan mandi dan kakus.

Tim GerakBareng turut mendukung inisiatif tersebut dengan memberikan bantuan tunai sejumlah Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah), yang secara simbolik diserahkan kepada warga setempat untuk membantu jalannya pembangunan MCK.

Saat ini, Nek Hadsi dan Nek Erni sudah memiliki WC yang layak dan dekat dengan rumah untuk membantu aktivitas sanitasi mereka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.